Kandang Sapi kelompok dan Individu

Berdasarkan bentuk dan fungsinya kandang sapi dibedakan menjadi 2 tipe yakni tipe individu dan tipe kelompok. Keunggulan kandang tipe individu adalah menghindari perkelahian sesamanya sebab kandang diberi sekat dan sapi diikat sehingga tidak bisa bergerak leluasa. Sedangkan pada kandang tipe kelompok atau koloni keunggulannya adalah sapi bisa lebih bebas bergerak.

Sebagai gambaran berikut adalah gambar kandang sapi dari ke dua tipe tersebut :

Gambar Kandang Sapi Tipe Individu




























Kandang tipe individu biasanya terdapat 2 tipe yakni tipe tail to tail dan head to head. Jika kandang menerapkan tipe tail to tail maka tempat pakan saling bertolak belakang, sedangkan head to head tempat pakan saling berhadap. Namun untuk efisiensi waktu bekerja yang umum digunakan adalah tipe tail to tail, karena memudahkan dalam pembersihan kandang.  

Gambar Kandang Sapi Tipe Kelompok Atau Koloni



Kandang tipe koloni biasanya lantai kandang terbuat dari semen atau betton berpori terutama pada bagian lantai yang tidak beratap. Pada bagian belakang kandang terdapat selokan agar memudahkan dalam pembersihan dan menjaga kebersihan lantai. Sedangkan pembersihan lantai kandang hanya dilakukan 3-4 kali dalam setahun sehingga apabila lantai kandang terlihat becek cukup diberi letter jika sudah mencapai 40 cm baru dilakukan pengangkatan litter.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news